Home / Catatan Perjalanan / Kendala dan Solusi Aplikasi Syantika

Kendala dan Solusi Aplikasi Syantika

Memulai kebiasaan baru yang positif atau merubah kebiasaan memang tidak semudah dan senikmat menyantap semangkok es duren di siang hari. Demikian pula memulai kebiasaan baru untuk menggunakan presensi masuk dan pulang kerja dengan aplikasi Syantika (Sistem Layanan Administrasi Kepegawaian) yang tengah masif disosialisasikan untuk digunakan seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Beberapa kendala saat awal penggunaan aplikasi Syantika kerap dijadikan sebagai alasan penolakan dan dalih untuk menghindar dari penggunaan aplikasi presensi online berbasis lokasi yang harus diistal menggunakan HP Android dengan Operating System versi 5 keatas ini.

Berikut ini kendala yang kerap ditemui saat penggunaan aplikasi Syantika dan solusinya :

  • Aplikasi Syantika tidak akan berjalan jika di HP disetting tanggal dan waktu secara manual, sehingga aplikasi Syantika akan memunculkan notifikasi : “Silahkan atur waktu secara otomatis”. Untuk itu harus dilakukan setting / pengaturan tanggal dan waktu “Otomatis”
  • Kendala berikutnya adalah memori HP penuh atau muncul pesan “Syantika keep Stopping” atau “Aplikasi Terhenti”. Jika pesan ini yang muncul, maka solusinya adalah Hapus data di aplikasi Syantika atau chace. Menghapus data Syantika tidak akan berpengaruh / tidak menghapus data presensi yang sudah terkirim ke server.
  • Aplikasi Syantika tidak akan berjalan jika di HP terpasang fake GPS atau GPS Palsu. Jadi pastikan tidak mengaktifkan fake GPS pada HP atau hapus aplikasi yang otomatis mengaktifkan fake GPS
  • Sekalipun presensi menggunakan HP, bukan berarti bisa presensi dimanapun, dimana saja, tetapi presensi dapat dilakukan di lokasi yang nama tempat dan titik koordinatnya sudah diinputkan terlebih dahulu. Jadi kalau saat melakukan presensi sudah di klik masuk tetapi tidak ada nama lokasi presensi tetapi hanya ada tulisan “lokasi presensi’ itu artinya titik koordinat dan nama tempat / lokasi tersebut belum diinput sehingga presensi tidak bisa dilakukan.
  • Karena presensi dilakukan di lokasi yang titik koordinatnya telah diinputkan sebelumnya, jadi pastikan lokasi / GPS pada HP diaktifkan serta pada saat instal aplikasi izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi
  • Presensi pada Aplikasi Syantika menggunakan verifikasi wajah, jadi pastikan pada saat instal aplikasi “Izinkan aplikasi untuk akses kamera’. Upayakan menggunakan foto terbaru di e kepegawaian, lakukan presensi ditempat dg pencahayaan cukup (tidak gelap, tidak backlight) dan saat presesnsi, posisi kamera sejajar dengan wajah jangan dibawah wajah (menyesuaikan pada saat foto)
  • Setelah verifikasi wajah berhasil, pastikan sudah muncul centang hijau disamping tulisan masuk / pulang (artinya data presensi sudah terkirim ke server). Jika presensi tidak centang hijau (abu2 terus), maka harus logout terlebih dahulu, dengan cara klik “Akun” yang ada di pojok kanan bawah syantika, lalu scrol kebawah sampai muncul “keluar aplikasi”klik keluar aplikasi, lalu login lagi. atau klik tombol refresh yang ada di pojok kanan atas.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bupati Launching Desa Karanganyar Sebagai Desa Digital

PURBALINGGA INFO, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi melaunching Desa Karanganyar sebagai Desa Digital. Dilaunching nya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.