Home / Kaligondang / ​Mantap : 23 Kali Raih Juara, Sanggar Seni Irama Sabuk Wulung Desa Kaligondang Kini Rambah Dunia Batik

​Mantap : 23 Kali Raih Juara, Sanggar Seni Irama Sabuk Wulung Desa Kaligondang Kini Rambah Dunia Batik

Meski sudah banyak prestasi yang diraih oleh Sanggar Seni Irama Sabuk Wulung Desa Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, tak lantas membuat grup Kesenian ini berpuas diri.

batik kaligondang9

Sebanyak 26 kejuaraan diraih oleh Sanggar Seni Irama Sabuk Wulung yang dibentuk sejak Tanggal 6 Juni 2004.
Juara Lomba Thek-thek / kentongan dari Tingkat Kabupaten hingga Tingkat Provinsi pernah diraih oleh Sanggar Seni pimpinan Rusli Prihatos wirausaha yang beralamat di desa Kaligondang Rt. 2 Rw. 2 Kecamatan Kaligondang.

batik kaligondang 3

Berbekal dengan kecintaannya terhadap seni dan budaya serta keinginannya untuk lebih memberdayakan pemuda di desanya terutama yang tergabung dalam sanggar seni yang dipimpinnya, sejak 3 bulan terakhir ini Rusli bersama dengan 6 orang pemuda yang rata-tata berusia 25 tahun mulai mengembangkan usaha batik.

batik kaligondang 5

Meski baru 3 bulan namun batik karya  sanggar seni Irama Sabuk Wulung ini sudah mendapat apresiasi dan memiliki pangsa pasar tersendiri.
Beberapa pesanan diantaranya datang dari Purwokerto, Wonosobo dan seputar Kabupaten Purbalingga.

batik kaligondang

Menilik semangat Sanggar seni Irama Sabuk Wulung untuk terus berkesenian dan melestarikan budaya ini sudah sepantasnya mendapat dukungan dari berbagai pihak.

batik kaligondang6

Bagi yang berminat untuk membeli kain batik hasil karya Sanggar Seni Irama Sabuk Wulung bisa menghubungi Rusli dengan nomor WA 081226717003 atau datang langsung ke lokasi sanggar yang berlokasi dibelakang kios Buah Rusli, Jalan Raya Kaligondang dari alun alun Kabupaten Purbalingga kearah timur kurang lebih 6 km.      (*ibar)

irama sabuk wulung

Keterangan Foto : Sanggar Seni dan Tari Irama Sabuk Wulung Desa Kaligondang Kecamatan Kaligondang

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Rengginang Rasa Terasi Desa Mergasana

Jika pada zaman dahulu rengginang atau ada yang menyebut ampyang, dibuat dari nasi sisa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *