Home / Kuliner / Bakso Makanan Kegemaran Sejuta Umat

Bakso Makanan Kegemaran Sejuta Umat

bakso-depan-buper

Bakso makanan kegemaran sejuta umat, kenapa tidak ?

Bakso atau ada yang menyebut Baso atau Meat Ball.   Makanan ini banyak dijumpai dan dijual mulai dari pedagang keliling, pedagang pinggir jalan, warung sederhana, rumah makan berkelas bahkan sampai restoran mewah.

Pembeli dan penggemarnyapun dari berbagai kalangan, mulai dari anak anak, orang dewasa, orang tua, pelajar, mahasiswa, pekerja, pengusaha bahkan sampai kalangan artis.

Makanan yang terbuat dari campuran bahan dasar tepung tapioka dan daging sapi giling ini biasa disajikan dengan kuah kaldu dengan campuran tahu, tauge bihun atau mie kuning, dan taburan bawang goreng, daun selederi, ada juga yang menambahkan pangsit serta potongan buah timun.
Lebih mantap apabila dinikmati saat kuah bakso masih panas, dengan ditambah sambal bagi pecinta rasa pedas.

Sekarang ini, ada berbagai varian bakso, tidak hanya daging sapi sebagai campurannya, tapi ada juga daging ayam, jagung, keju bahkan bakso dengan campuran cabe rawit di dalamnya.

Bagi penggemar Bakso, berikut Bakso yang ngeHit di Purbalingga

Beberapa Bakso di Purbalingga yang layak dicoba :

  1. Bakso Budi, atau lebih dikenal dengan Bakso LP.  Lokasinya yang mudah dijangkau oleh pengunjung karena berada di pusat kota.  Tepatnya berada di depan Lembaga Pemasyarakatan Purbalingga, atau sebelah selatan alun-alun Purbalingga, membuat warung ini selalu ramai dipadati pengunjung terutama pada jam jam istirahat makan siang. Sajian pendamping seperti aneka gorengan juga selalu tersedia di warung ini.
  2. Bakso Aspri, berada di sebelah Warung es duren Kombinasi depan tugu bancar Purbalingga,  baca juga : Es Duren Legit Menggigit.   Yang membedakan baso disini dengan lainnya, selain ukurannya yang besar topping baso disini berbeda dengan ditempat lain, yaitu menggunakan potongan mentimun dan
  3. Bakso Budhe.    Kurang lebih 500 meter dari arah  timur alun alun Purbalingga.  Tepatnya sebelah utara Kantor BKD Purbalingga. Tempat ini sangat digemari pengunjung karena tempatnya bersih, higienis. Kapasitas tempat duduk di warung ini muat untuk 24 orang.  Yang menjadi alasan utama, karena rasa basonya yang nikmat, sangat terasa rasa daning sapinya serta tekstur basonya yang empuk.
  4. Bakso Pak Joko.  Lebih dikenal dengan sebutan Bakso Grujugan karena tempatnya berada di atas jembatan. Lokasinya kurang lebih 1 km dari arah Timur alun-alun Purbalingga, belok ke Selatan kira kira 100 meter. Merupakan bakso legendaris yang ada di Purbalingga. Selain baso, diwarung ini juga tersedia menu lain berupa Soto daging sapi dan soto ayam.
  5. Bakso Darmin, berada disebelah selatan alun alun Purbalingga, kurang lebih 300 meter.  Juga termasuk salah satu warung bakso legendaris karena keberadaannya yang sudah puluhan tahun namun tetap exist.  Disini juga tersedia menu soto daging sapi dan soto ayam.
  6. Bakso Irmas, berlokasi di Wirasana, kurang lebih 200 meter sebelah Barat Rumah Sakit Goetheng Tarunadibrata.  Ditempat ini kita bisa memilih menu baso dari mulai Baso urat, Baso Keju, harganyapun bervariasi tergantung pada jenis baso yang kita pesan.

Bagi saya pribadi, menyantap bakso lebih nikmat tanpa ditambah kecap maupun saos.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Nasi Sambal Tumpang Kuliner Khas Boyolali

Penasaran dengan warung yang ada di beberapa ruas Jalan Raya Kota Boyolali yang bertuliskan Nasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.