Home / Teknologi Informasi / Cara Agar Artikel Website Berada Pada Halaman Pertama Google

Cara Agar Artikel Website Berada Pada Halaman Pertama Google

Banyak faktor yang menyebabkan artikel / konten yang kita publish di website tidak muncul di halaman pencarian google. Salah satu cara yang bisa kita terapkan agar artikel website yang kita buat bisa berada pada halaman pertama google adalah dengan SEO.

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari yang merupakan alah satu teknik untuk mendapatkan pengunjung secara organik dan gratis melalui mesin pencarian google. SEO dilakukan dengan memperhatikan teknik-teknik dalam pembuatan konten website yang berkualitas yang sebagian besar disarankan sendiri oleh google.

Teknik membuat konten yang berkualitas yang disarankan SEO diantaranya yaituterkait dengan panjang artikel, menambahkan kata kunci dalam konten pada posisi yang tepa, setup judul, deskripsi, mencantumkan internal link dan outer link dalam konten.

Dengan memahami pengaturan SEO kita tidak hanya sekedar membuat konten tapi juga mengoptimalkan agar konten kita mudah dicari pada mesin pencari sehingga muncul pada halaman pertama pencarian untuk kata kunci yang relevan. Hal ini tentunya membantu bagi pengguna internet karena orang yang mencari sesuatu di google tentu saja orang yang sedang membutuhkan informasi tertentu.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengoptimalkan artikel / konten dengan Yoast SEO :

  • Pertama instal plugin Yoast SEO dengan cara klik pada menu plug in lalu klik tambah baru cari Yoast SEO , klik instal lalu aktifkan.
  • Jika plug in Ypast SEO yang kita instal sudah aktif, maka pada menu samping akan muncul menu SEO selain itu di bawah kolom konten artikel akan ada pengaturan Yoast SEO diantaranya untuk pengaturan judul artikel, analisis keterbacaan
  • Selanjutnya seting dan optimasi artikel agar Yoast SEO berwarna hijau agar secara umum artikel kita memenuhi syarat untuk masuk dalam halaman pertama google.
  • Ada 3 indikator warna SEO yaitu merah, kuning dan hijau. Jika indikator sudah berwarna hijau berarti artikel kita sudah memenuhi kaidah-kaidah konten Yoast SEO. Jika masih berwarna kuning atau merah berarti artikel kita masih bermasalah dan perlu perbaikan dengan cara mengikuti petunjuk / saran yang diberikan oleh Yoast SEO.

Yoast SEO sifatnya membantu dalam mengoptimasi artikel website sesuai kaidah-kaidah SEO Yoast. Selain Yoast ada plug in SEO lain yang bisa kita gunakan seperti All In One SEO.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Cara Pengisian Aplikasi Evaluasi SPBE

Website Aplikasi Evaluasi SPBE dapat diakses di halamanhttps://monev.spbe.go.id/ Masukan Username dan Password yang diperoleh dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *