Home / Produk Unggulan Desa / Kampung Durian Desa Sidareja

Kampung Durian Desa Sidareja

Sidareja-Kaligondang.  Sidareja merupakan salah satu Desa dari 18 desa yang berada di wilayah Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga.

Menuju ke Desa Sidareja, dari arah kecamatan Kaligondang ke arah timur kurang lebih  7 km, melewati Desa Selanegara dan Desa Selakambang. Sedangkan dari Kecamatan Kaligondang, ke arah barat, melewati Desa Kalikajar, Desa Slinga, Arenan,  Desa Sidanegara dan Desa Pagerandong,  kurang lebih 15 menit menggunakan kendaraan roda dua.

Saat kita berjalan berkeliling desa Sidareja, ada hal istimewa dijumpai di sini, hampir setiap halam rumah maupun pekarangan penduduk Desa Sidareja ditanami  pohon durian baik jenis lokal maupun jenis durian montong.

Bahkan salah satu warga desa Sidareja,  Anwari yang beralamat di dusun karangmaja (belakang balai desa) Rt 9 Rw 4  memiliki beberapa kebun durian, diantaranya kebun durian yang berada di wilayah  Rt 4 Rw 2  seluas 100 ubin, kebun durian yang berada di wilayah Rt 9 Rw 4 seluas 300 ubin, serta kebun durian di wilayah  Rt 8 Rw 3.

Sedangkan Kepala Desa Sidareja, Tri Hardi Wardoyo memiliki pohon durian yang salah satunya pohon berukuran sangat besar, yang menurut beliau pohon durian tersebut sudah ada sejak beliau kecil.  Saat panen, pohon durian ini bisa berbuah antara  800 hingga 1.000 buah.

 

Buah durian dari Desa Sidareja, diantaranya dijual  di alun-alun Purbalingga, di dekat jembatan klawing dan ada pula yang dijajakan berkeliling ke kantor-kantor dengan harga per buah antara 30 hingga 80ribu rupiah.

penjual durian desa sidareja

Keterangan foto : Salah satu warga Desa Sidareja, Kirman yang beralamat di Rt. 16 Rw. 6 Dusun Pecatutan, menjajakan durian yang dipetik dari kebunnya ke kantor-kantor.

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Rengginang Rasa Terasi Desa Mergasana

Jika pada zaman dahulu rengginang atau ada yang menyebut ampyang, dibuat dari nasi sisa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *