Home / Wisata / Mengenal Monumen Pers Nasional Surakarta

Mengenal Monumen Pers Nasional Surakarta

Gedung Monumen Pers Nasional, Beralamat di Jalan Gajah Mada Nomor 59 Surakarta, kurang lebih berjarak 500 meter dari Stasiun Solo Balapan.  Awalnya bernama Socieiteit Sasana Soeka, sebuh gedung pertemuan milik kerabat Mangkunegaran.

Gedung ini didirikan pafa tahun 1918 atas prakarsa KGPAA  Sri Mangkunegoro VII dengan arsitek Mas Abukasan Atmodirono, seorang arsitek jawa modern uang pertama.

Beberapa peristiwa bersejarah terutama terkait perkembangan Pers ditanah air terjadi disini.

Pada tahun 1933 di gedung ini diadakan pertemuan yang dipimpin oleh RM. Sarsito Mangoenkoesoemo dan melahirkan SRV (Soloche Radio  Vereeniging), yang merupakan radio kaum pribumi pertama yang menyuarakan  semangat ketimuran.

Di gedung ini pula pada Tanggal 9 Februari 1946, diadakan konggres wartawan seluruh Indonesia.

yang akhirnya melahirkan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) sebagai organisasi kewartawanan pertama yang bersifat Nasional.

Atas dasar peristiwa kongres wartawan itulah, maka pada Tanggal 9 Februari 1978 Gedung. Socieiteit Sasana Suka berubah nama menjadi  Museum Pers Nasional dengan penandatanganan prasasti dilakukan oleh Presiden Soeharto.

Saat ini Monumen Pers Nasional menjadi salah satu aset yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.  Selain menjadi obyek Wisata edukasi, di Samping Musium juga terdapat Aula yang sering digunakan untuk acara Sosialisasi maupun Bimbingan Teknis oleh Kemenkominfo.

Bentuk bangunannya yang unik menyerupai bentuk candi menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mengabadikan gambar maupun berselfie di depan museum. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Banyumulek Sentra Gerabah di Lombok

Perjalanan wisata kami di Pulau seribu masjid selama 4 hari 3 malam berakhir sudah. Banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *