Home / Teknologi Informasi / Waspada Jejak Digital

Waspada Jejak Digital

Era milenial saat ini semua orang, tidak hanya publik figur atau tokoh terkenal, mencatatkan sejarahnya sendiri melalui jejak digital baik yang dituliskan melalui status di sosial media, maupn swa foto yang diunggah dan dapat diakses melalui media online.

Jejak Digital (digital footprint) merupakan kumpulan jejak dari semua data digital, baik dokumen maupun akun digital.

Apa yang kita tulis sebagai status di sosial media saat ini merupakan histori, catatan peristiwa dan menjadi sejarah di masa yang akan datang.

Melalui HP / android yang kita gunakan sehari-hari kita meninggalkan jejak digital baik yang kita sadari atau yang disebut dengan jejak digital aktif maupun yang tidak kita sadari atau yang disebut dengan jejak digital pasif.

Jejak Digital Aktif

Jejak digital aktif ditinggalkan karena peran serta aktif dari pengguna media online. Baik saat melakukan posting berupa update status melalui berbagai aplikasi sosial media maupun saat mengunggah foto atau vidio melalui media online.

Jejak Digital Pasif

Jejak digital pasif diciptakan oleh pengguna secara otomatis, seringkali tanpa disadari oleh pengguna. Jejak digitan pasif bisa bersumber dari aktivasi navigasi GPS melalui android, history saat browsing  serta aktifasi akun. Aktivasi GPS melalui android yang kita gunakan dan kita bawa kemana-mana akan meninggalkan jejak berupa navigasi di google map, lokasi dan tempat yang kita singgahi bahkan sampai dengan detil rute perjalanan kita sehari-hari.

Google map mampu merekam rute perjalanan hingga titik titik persinggahan perjalanan kita.
Untuk mengetahui informasi apa saja yang diketahui dan direkam oleh google mengenai aktivitas kita selama bertahun-tahun dapat kita lihat melalui https://myactivity.google.com/

My Activity google “Rediscover the things you’ve searched for, visited, and watched on Google services”.

Melalui situs myactivity google, kita bisa mengetahui informasi apa saja yang sudah dikumpulkan oleh google mulai dari situs, youtube, gambar yang kita lihat / kunjungi berapa kali kita kunjungi dan dari mana / lokasi kita mengakses situs tersebut.

Selain itu My activity juga dapat menampilkan Histori Lokasi pada google map, berupa peta pribadi berisi berbagai tempat yang kita kunjungi dengan perangkat yang digunakan untuk masuk. Melalui linimasa google map kita bisa mengetahui tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, yang paling sering kita kunjungi, berikut tanggal kunjungan, kita juga bias melakukan pengklasifikasian / pencarian lokasi kunjungan berdasarkan waktu, tahun bulan dan tanggal. Selain itu juga bias dicek jarak dan waktu tempuh yang sudah kita lewati.

Jejak digital selain membekas dan terekam pada perangkat yang digunakan oleh pengguna juga terekam paa server-server perusahaan internet.

Bagi perusahaan internet  jejak digital digunakan terutama  untuk menyampaikan pesan iklan sesuai dengan kondisi / kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna internet saat browsing.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Seluruh ASN Dinkominfo Ikuti Sosialisasi e Kinerja.

Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan CPNS Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Kamis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.