Home / Berita / 888 Peserta Ikuti Kejuaraan Bonsai Tingkat Nasional

888 Peserta Ikuti Kejuaraan Bonsai Tingkat Nasional

PURBALINGGA INFO, Sebanyak 888 peserta mengikuti pameran kontes bonsai tingkat nasional yang diadakan oleh para pecinta Bonsai Purbalingga. Pelaksanaan kejuaraan sekaligus juga dilakukan pameran bonsai mulai tanggal 20-30 Desember 2021.Sekretaris Panitia Pemeran Gebyar Bonsai Panglima Besar Jenderal Soedirman Purbalingga, Karyono mengatakan para peserta dari berbagai kota mulai dari kabupaten tetangga. Mulai dari Pemalang, banyumas, Purwokerto, Tegal, Pemalang, Temanggung, Wonosobo, Cilacap, Banjar Patoman, Banjarnegara, Jepara, Semarang dll”

Pohon yang diikutkan dalam lomba mulai dari Serut, Anting Putri, Hokiantea, Ulmus, Lagundri, Asam Jawa, Santigi. Kemudian Cemara, Waru, Beringin Korea, Beringin Jawa, Iprik, Kimeng, Lohansung, dan Amplas,” katanya saat pameran di Halaman Monumen Tempat Lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman di Rembang, Kamis (23/12/2021)Team juri yang akan menilai menurut Karyono terdiri 6 orang dari Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Pusat berasal dari berbagai daerah mulai dari Malang , Pemalang, Jogyakarta dan Bandung.

Penilaian meliputi kesesuaian antara akar batang dan daun.” Faktor lain yang ikut di nilai yakni keindahan secara keseluruhan, gerak dasar, kesan tua, alami dan kesesuaian pot. Kejuaraan juga dibagi 3 katagori yakni prospek (bakalan), regional dan madya. Masing juga dibagi menjadi small, medium, large, XL dan XXL, ” tambah Karyono.

Tujuan pemeran, kata Karyono guna mengenalkan seni bonsai kepada masyarakat Purbalingga dan sekitarnya. Sehingga pameran ini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat dan dibuka untuk umum pada Jum’at-Rabu (24-29/12/2021), bertempat di halaman MTL Jensud Rembang.” Dibuka untuk umum dan gratis tidak dipungut biaya apapun. Selain pameran juga disediakan stand bibit tanaman dan juga bakalan bonsai,” pungkasnya (-dy)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Kualitas UMKM Purbalingga Harus Terus Dijaga

PURBALINGGA, INFO- Kualitas produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Purbalingga diharapkan terus dijaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.