Home / Berita / Belajar Ngartun Di Kampung Kartun Sidareja

Belajar Ngartun Di Kampung Kartun Sidareja

KIe Art Cartoon School berhasil mengangkat nama dan mengenalkan sisi lain Desa Sidareja yang merupakkan salah satu Desa yang berada di Wilayah Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga. Bahkan pemberitaan mengenai Kampung Kartun Sidareja muncul puluhan kali di media online terpercaya, sejak KIe Art Cartoon School dilaunching satu tahun lalu tepatnya tanggal 9 September 2020.

KIe Art Cartoon School yang beralamat di Dusun Peninis Rt. 01, Rw. 01 Desa Sidareja ini diinisiasi oleh Slamet Santosa warga Desa Sidareja yang telah puluhan tahun menggeluti dunia seni di Ibu Kota.

Dituturkan oleh Slamet, bahwa Kie Art Cartoon School merupakan sekolah kartun sederhana yang terbuat dari bekas kandang Ayam dengan ornamen bekas jendela serta pintu bekas yang tata sedemikian rupa menjadi ruang-ruang belajar yang artistik dan instagramable.

Di KIe Art Cartoon School Desa Sidareja, warga Purbalingga dan sekitarnya bisa belajar ngartun dari mulai menggali ide, membuat sketsa hingga menorehkan warna warni cat pada kanvas secara gratis. Selain belajar dengan gratis segala peralatan yang diperlukan seperti cat dan kuas juga disediakan secara cuma-cuma.

Selain menggambar kartun, warga masyarakat yang saat ini bergabung di Kie Art Cartoon School yang sebagian besar merupakan remaja, siswa SMP dan SMA juga bisa mengexplore bakat seni lainnya seperti seni tari, karawitan, wayang, akustik dan calung dengan bimbingan tenaga profesional.

Berikut ini jadwal kegiatan di Kie Art cartoon School selama satu minggu yang tepampang pada papan tulis hitam yang menempel pada dinding pintu masuk Kie Art cartoon School :

  • Senin, mulai Jam 8 malam , Kie Calung
  • Selasa, mulai jam 1siang Kie Akustik. Jam 2 Siang, Kie Tari
  • Rabu jam 1 siang Kie Gending. Jam 8 malam Kie Karawitan
  • Jum’at jam 1 siang Kie Wayang. Jam 1 siang Cartoon School. Jam 8 malam, Tek-tek
  • Sabtu jam 10 pagi dan jam 8 malam, Kie Kartun. Jam 1 siang Kie Tari.
  • Minggu jam 10 pagi Kie Kartun. Jaam 1 siang Kie Akustik

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Ajak Gempur Rokok Ilegal, Bupati Tiwi Ingatkan Tembakau Purbalingga Pernah Berjaya

Purbalingga – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggempur peredaran rokok ilegal. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *