Home / Berita Purbalingga / DINPERMASDES Purbalingga Sosialisasikan Penyusunan Pembukuan dan  Laporan Keuangan Bumdes

DINPERMASDES Purbalingga Sosialisasikan Penyusunan Pembukuan dan  Laporan Keuangan Bumdes

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Pembukuan dan Laporan Keuangan yang diikuti oleh 77 orang perwakilan dari pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se wilayah Kabupaten Purbalingga.  Sosialisasi dilaksanakan di Aula Lantai 2 Kantor Dinpermasdes pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2022 dan terbagi menjadi 2 sesi.

Disampaikan oleh Reza Harfi selaku Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Purbalingga saat menyampaikan materi pada acara sosialisasi tersebut bahwa “Laporan keuangan merupakan produk akhir dari proses akuntansi, yang memberikan informasi yang dapat dipercaya. Dengan membaca laporan keuangan, manajemen, pengelola BUMDesa, dan siapapun yang berkepentingan, bisa mengetahui kondisi keuangan BUMDesa.

Keterangan Foto : Pelaksanaan Sosialisasi di Aula Lantai 2 Kantor Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga

Lebih lanjut Reza menjelaskan bahwa Laporan Keuangan yang harus dibuat oleh  Bumdes yaitu   Laporan Laba rugi, Laporan Perubahan Ekuitas /Perubahan Modal, Neraca, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya dan Keswadayaan Dinpermasdes Purbalingga,  Wahyudi menjelaskan  bahwa penyampaian materi Penyusunan Pembukuan dan  Laporan Keuangan Bumdes dibarengkan dengan acara sosialisasi Aplikasi Si Labu Manis (Sistem Informasi Laboratorium Bumdes Menuju Masyarakat Inovatif dan Sejahtera) yang menupakan ide inovasi dari Dinpermasdes yang pembuatan aplikasinya difasilitasi oleh Dinkominfo dalam rangka mendukung program 1 OPD 1 inovasi yang dicanangkan oleh Bupati Purbalingga Ibu Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, MM

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Kecamatan Purbalingga Launching Inovasi Kecakot Macan Buas

Kecamatan Purbalingga melaunching inovasi yang diberi nama Kecakot Macan Buas, Jum’at (18/11/2022) di aula lantai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.