Home / Berita / Kepala DINKOMINFO Pimpin Rakor Bidang Informatika Pertama

Kepala DINKOMINFO Pimpin Rakor Bidang Informatika Pertama

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DINKOMINFO) Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinarpus Kabupaten Purbalingga, Jum’at 26 November 2021 memimpin rapat koordinasi (rakor) Bidang Informatika untuk pertama kali.

Sejak dilantik pada Jabatan Tinggi Pratama (JPT) Pemkab Purbalingga sebagai Kepala DINKOMINFO pada Jum’at 5 November 2021 lalu, Kepala DINKOMINFO secara intens melakukan rakor dengan seluruh Bidang yang ada di DINKOMINFO Purbalingga. Bidang Informatika mendapat giliran terakhir unuk presentasi terkait program, kegiatan serta inovasi yang telah dan sedang dikerjakan, setelah sebelumnya Kepala DINKOMINFO melaksanakan rakor dengan Bidang Sandi Statistik dan Telekomunikasi dan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Informatika, Harry Sutito pada saat presentasi bahwa Bidang Informatika melaksanakan Program Aplikasi Informatika dengan dua kegiatan yaitu Kegiatan Pengelolaan e-government Di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Kegiatan Pengelolaan Nama Domain yang Telah Ditetapkan Oleh Pemerintah Pusat dan Sub Domain Di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Pada Sub Kegiatan Pengembangan Aplikasi dan Proses Bisnis Pemerintahan Berbasis Elektronik untuk tahun 2021, Bidang Informatika memfasilitasi kebutuhan dan permintaan OPD lain diantaranya Bappelitbangda, BKPPD, DPUPR, DPMPTSP, Dindikbud, Dinaker, Dinpermasdes, Bagian Hukum serta Desa.

Aplikasi baru yang dibuat pada tahun 2021 sebanyak 9 aplikasi baru yaitu 1. https://unifi.purbalinggakab.go.id, 2. https://simita.purbalinggakab.go.id, 3.https://simpspbe.purbalinggakab.go.id/, 4.https://e-kinerja.purbalinggakab.go.id/, 5. Sinkronisasi e Akun dengan e kepegawaian, 6. Aplikasi Pelayanan Surat Keterangan Daereh / Advice Planing, 7.https://dakutahu.purbalinggakab.go.id/, 8. https://cascading.purbalinggakab.go.id/, 9. https://jdih-dprd.purbalinggakab.go.id/.

Selain pembuatan aplikasi baru, Bidang Informatika juga memberikan fasilitasi Sistem Informasi Desa Online, Siskeudes Online, hosting dan pembuatan domain untuk prakerja, museum sugarda, sipintas dan sigibangga.

Kepala DINKOMINFO pada saat memberikan pengarahan diantaranya menyampaikan bahwa beberapa aplikasi / sistem informasi yang sudah ada perlu dipantau dan dimaksimalkan pemanfaatannya. Kedepan aplikasi https://sangjuara.purbalinggakab.go.id/ yang digunakan untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan kejuaraan serta prestasi guru, siswa dan sekolahan perlu disosialisasikan ke sekolah-sekolah bekerjasama dengan DINDIKBUD Kabupaten Purbalingga. (*i)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Kualitas UMKM Purbalingga Harus Terus Dijaga

PURBALINGGA, INFO- Kualitas produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Purbalingga diharapkan terus dijaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.