Home / Berita / WALAHA BESUTAN KNPI PURBALINGGA AKHIRNYA LAUNCHING DI DESA PEKIRINGAN

WALAHA BESUTAN KNPI PURBALINGGA AKHIRNYA LAUNCHING DI DESA PEKIRINGAN

Soft Opening WALAHA (Warung Latihan Usaha) pada hari Sabtu 27 Maret 2021 di desa Pekiringan berlangsung meriah. Dibukanya WALAHA yang berlokasi di desa Pekiringan mampu menyedot perhatian pemuda bahkan sampai lintas desa di Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga. Soft Launching WALAHA yang dibuka jam 7 malam yang diramaikan oleh band akustik dari band local pemuda pekiringan seketika menarik perhatian masyarakat berbondong-bondong ke lokasi memenuhi meja yang disediakan crew WALAHA.

WALAHA merupakan kependekan dari Warung Latihan Usaha ini merupakan Program kerja dari DPD KNPI Purbalingga yang diinisiasi Bersama Perkumpulan Warga Muda. WALAHA merupakan program untuk membantu pemerintah melahirkan pengusaha muda dan penggerak desa, WALAHA adalah warung pelatihan (incubator) untuk anak-anak muda desa mendapatkan keterampilan berbisnis sekaligus jiwa kepemimpinan.

Program WALAHA untuk pertama kalinya didirikan di desa Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol sebagai pilot project DPD KNPI Purbalingga yang bekerjasama dengan Pemdes Pekiringan yang bertempat di Gedung eks Rumah isolasi Covid-19 dari luar kota Purbalingga yang tak terpakai.

Ketua DPD KNPI Purbalingga, Dhimas Agung Ramadhan berpendapat “Akhirnya WALAHA benar-benar terealisasi, kami sadar ini adalah kerja kolektif, program ini tidak bisa terealisasi jika mengandalkan resources dari KNPI saja, kami sangat berterimakasih kepada semua pihak sehingga kami bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan Pemdes Pekiringan, Perkumpulan Warga Muda hal ini selaras dengan visi kami #KolaborasiBersinergi, kami merasa ini awal mula yang baik dan kami sedang menyiapkan kurikulum pelatihan wirausaha yang akan kami sajikan kepada pemuda di desa Pekiringan maka dari itu kami sangat membuka pintu Kerjasama dengan semua stake holder, besar harapan WALAHA dapat di duplikasi di desa-desa yang lain di Purbalingga, bahkan di tingkat Nasional.”

Kepala Desa Pekiringan Adi Kusumantoro mengatakan “Konsep WALAHA sangat bagus saya sangat mengapresiasi dibukanya WALAHA di desa Pekiringan “.

“Kedepannya WALAHA sebisa mungkin dapat menitikberatkan pada pelatihan pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan pemuda dan perempuan khususnya sector ekonomi secara berkesinambungan”, ujar Adi Kusumantoro

“ Saya Berharap kedepan kami dari Pemdes Pekiringan dan DPD KNPI Purbalingga dapat tercipta sinergitas yang berkelanjutan melalui WALAHA terutama tentang pelatihan marketing produk dari hasil pelatihan/ pembinaan masyarakat dan pemuda Desa Pekiringan sehingga hasil produk masyarakat Pekiringan dapat terjual baik di luar sana.” Tutup Kades Pekiringan.

Saat acara soft opening pengunjung yang datang di WALAHA Tenggerlambang Pangesti diwawancarai mngatakan “ saya senang sekali dan terhibur dengan adanya Walaha di Pekiringan soalnya baru pernah ada yang kaya ini disini, kan anak muda banget, pertunjukan musiknya juga bagus banget dan harga makanan disini sangat terjangkau.”

Jika kedepannya WALAHA mulai dibuka acara pelatihan kewirausahaan. “ aku mau saja ikut, nanti aku bakal ajak teman-teman supaya ramai dan asik.” Ujar Tengger.

WALAHA sendiri akan beroperasi setiap hari dari jam 15:00-23:00 WIB, kedepannya WALAHA akan menyelenggarakan acara Grand Launching yang akan diselenggarakan setelah Idul Fitri dan mengundang jajaran Bupati dan stake holder terkait serta OKP dan komunitas Pemuda di Purbalingga.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Purbalingga Persiapkan Implementasi Siskeudes Online & Siswakeudes

Pemerintah Kabupaten Purbalingga tengah mempersiapkan implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online dan Sistem Pengawasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *