Home / Teknologi Informasi / Membuat Presensi Online Dengan Foto dan Lokasi Tanpa Coding

Membuat Presensi Online Dengan Foto dan Lokasi Tanpa Coding

Untuk membuat aplikasi presensi online dengan foto dan lokasi yang bisa diakses menggunakan HP dapat kita kerjakan dengan sangat mudah dan tanpa coding. Kita dapat menggunakan Aplikasi yang sudah disediakan google yaitu AppSheet. Aplikasi presensi ini nantinya dapat digunakan baik oleh siswa maupun pegawai.

Berikut ini langkah-langkah membuat presensi online dengan foto dan lokasi menggunakan AppSheet :

  1. Tahap pertama kita login dengan akun eMail google.
  2. Setelah login, pada menu Google Apps klik Drive.
  3. Buat spreedsheet baru (file excel versi google) dengan cara ; klik pada tombol “+New” lalu klik “Google Sheet“, selanjutnya akan muncul lembar kerja seperti lembar kerja excel yang masih kosong. Spreadsheet ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan data seluruh presensi yang diinputkan oleh pengguna / siswa / pegawai. Data yang diinputkan akan secara otomatis masuk dan tersimpan pada kolom-kolom spreadsheet tersebut.
  4. Untuk itu kita harus melakukan pengaturan pada spreadsheet tersebut. Pertama kita beri nama spreadsheet, dengan cara ketik nama spreadsheet misalnya “Presensi Siswa” pada kolom yang bertuliskan “untitled spreadsheet”. Selanjutnya buat kolom yang akan kita jadikan sebagai formulir input pada saat siswa melakukan presensi. misal ;
    • Tanggal
    • Waktu
    • Nama
    • Status
    • Foto
    • Lokasi : untuk menentukan lokasi pada saat melakukan presensi yang terdeteksi melalui GPS
  5. Selanjutnya kita bula aplikasi Appsheet dengan cara ketik pada browser internet AppSheet.com Untuk menggunakan AppSheet terlebih dahulu kita harus membuat akun, dengan cara klik pada tombol “Start For Free“, selanjutnya kita pilih lokasi data yang akan kita gunakan untuk menyimpan file, karena kita membuatnya paga google spreadsheet maka klik / pilih “Google Sheets and Forms” selanjutnya kita akan diminta untuk masuk / sign in menggunakan akun google, lalu klik “Izinkan” / “Allow”.
  6. Setelah tahap pendaftaran akun AppSheet telah selesai, klik pada tombol “+ New App” Selanjutnya klik pada “Start With Your Own Data“, lalu beri nama aplikasi yang akan kita buat pada kolom “App name” lalu pilih kategori dan klik pada choose your data, lalu pilih / double klik pada file spreadsheet yang sudah kita buat.
  7. Selanjutnya akan tampil lembar kerja Appsheet untuk membuat aplikasi. Dimana disebelah kanan merupakan tampilan preview aplikasi yang kita buat, sebelah kiri menu-menu yang bisa kita gunakan sedangkan dibagian tengah merupakan lembar kerja sebagai tempat untuk memasukan setingan/ pengaturan yang akan kita terapkan pada aplikasi yang kita buat.
  8. Selanjutnya kita akan melakukan setting aplikasi dengan cara klik pada “Data” lalu klik pada menu “Columns” lalu klik pada 7Columns yang berada dibawah nama tabel “Presensi Siswa” (sesuai kolom yang sudah kita buat)
  9. Selanjutnya kolom-kolom yang ada pada sheet Data Presensi akan tampil pada lembar kerja Appsheet kita. Terlebih dahulu kita centang biru key dan label pada “Row Number”.
  10. Tahap selanjutnya yaitu setting tipe data, contoh :
    • Tanggal : date
    • Waktu : time
    • Nama : eNum
    • Status : eNUm (untuk menu drop down)
    • Foto : image
    • Lokasi : LatLong (Latitude Longitude)
  11. Selanjutnya kita masukan nama siswa, dengan cara klik mada “NAMA” pada tombol value, klik “Add“, lalu masukan nama siswa satu per satu. Setelah selesai klik “done
  12. Masukan status dengan cara yang sama seperti langkah ke 11.
  13. Selanjutnya kita akan melakukan pengaturan tanggal, waktu dan lokasi dengan cara sebagai berikut :
    • Tanggal : pada data validity beri tanda centang Require (wajib diisi). pada Auto compute agar otomatis terisi kita klik pada Initial value lalu kita isi dengan TODAY() Sehingga pada saat melakukan presensi tanggal akan secara otomatis terisi dengan tanggal hari ini. lalu klik “save” Selanjutnya pada Update Behavior hilangkan tanda centang pada Editable. Sehingga nantinya tanggal presensi tidak bisa dimanipulasi oleh siswa yang bersangkutan. Setelah itu klik “Done”
    • Waktu : Beri centang pada Require. Pada auto compute, initial value isi dengan TIMENOW()
    • Lokasi : Beri centang pada Require. Pada auto compute, initial value isi dengan HERE(). Hilangkan tanda centang pada editable. Hal ini dimaksudkan agar lokasi yang terekam pada aplikasi adalah lokasi pada saat melakukan presensi dan tidak bisa di edit / geser.
  14. Setelah selesai melakukan seting, kita klik “Save & Verify Data”
  15. Selanjutnya lakukang seting pada security Non aktifkan Require user signin? (maksudnya agar pada saat siswa melakukan presensi, tidak perlu login terlebih dahulu)
  16. Lalu lakukan seting dibagian data pada Are updates allowed? matikan Update dan delete agar siswa tidak bisa meng edit dan menghapus data presensi yang sudah dilakukan.
  17. Tahap selanjutnya yaitu bagikan link yang akan digunakan untuk melakukan presensi online, dengan cara klik “Users” lalu klik “Links” kemudian copy alamat URL yang ada pada kolom Browser Link. Contoh : https://www.appsheet.com/start/c6a89318-562b-4769-a8b5-4c6d86203fcc
  18. Untuk memperpendek link kita bisa menggunakan http://gg.gg/ pastekan alamat link yang panjang tadi pada kolom URL

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Cara Pengisian Aplikasi Evaluasi SPBE

Website Aplikasi Evaluasi SPBE dapat diakses di halamanhttps://monev.spbe.go.id/ Masukan Username dan Password yang diperoleh dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *