Home / Kuliner / Nasi Sambal Tumpang Kuliner Khas Boyolali

Nasi Sambal Tumpang Kuliner Khas Boyolali

Penasaran dengan warung yang ada di beberapa ruas Jalan Raya Kota Boyolali yang bertuliskan Nasi Tumpang, dan rupanya sambal tumpang merupakan salah satu makanan khas yang ada di Kota Susu Boyolali.

Sambal tumpang berbahan dasar tempe ditambah dengan bumbu kencur, daun jeruk dan cabe yang diuleg ditambah tahu dan direbus dengan santan.

Salah satu warung Nasi tumpang dan susu segar “Pak Suprih” yang berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 107 Kiringan, Dusun 2 Kiringan Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Jawa Tengah terlihat selalu ramai pengunjung.

Disela-sela melayani pembeli Bu Suprih mengatakan, dirinya berjualan dan membuka warung nasi sambal tumpang sudah 30 tahun. Dalam satu hari menghabiskan beras sebanyak 25kg dan tempe seharga 200ribu.

Nasi sambal tumpang “Pak Suprih” satu bungkusnya hanya 4ribu rupiah berisi nasi dan sambal tumpang yang dicampur dengan daun adas yang direbus. Menurut Bu Suprih daun adas ini juga berfungsi untuk melancarkan air susu jadi sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil maupun menyusui.

Selain nasi sambal tumpang, warung Pak Suprih juga menjual susu segar dan aneka gorengan untuk makanan pendamping nasi tumpang. (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Sarapan Pagi di Kota Asri ya Gudeg Bu Nani

Kali kedua berkesempatan sarapan pagi “Gudeg” di rumah Ibu Nani di Wonosobo Kota Asri, saya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.