Home / Teknologi Informasi / Sosial Media, Dari Komunikasi, Selfie, Hingga Bui

Sosial Media, Dari Komunikasi, Selfie, Hingga Bui

Seiring perkembangan Teknologi  yang begitu pesat saat ini, membuat akses internet semakin mudah didapat.Salah satu pemanfaatan internet yang dinikmati sebagian besar pengguna dari anak anak hingga orang tua, dari masyarakat Desa hingga kota yang saat ini tengah booming  yaitu Sosial Media baik facebook, twiter, path maupun Instagram.

Sosial Media Sebagai Media Bersosialisasi

Sesuai namanya “Sosial Media” sejatinya dibuat sebagai media untuk bersosialisasi di dunia maya. Pada awalnya manfaat sosial media begitu terasa, kita bisa menemukan kembali teman lama yang selama ini lost contact.  Bertemu kembali dengan teman masa kecil, teman sekolah bahkan Saudara yang sudah lama terpisah. 

Bahkan kita bisa menemukan teman baru dengan latar belakang hobi dan kegemaran yang sama melalui sosmed.

sosmed

Dari Sosialisasi Lanjut Komunikasi

Setelah bertemu kembali dengan teman lama maupun Saudara melalui sosial media, selanjutnya kita bisa memanfaatkan sosial media untuk berkomunikasi, bertegur sapa, saling memberikan kabar kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi ruang dan waktu, hanya dibatasi dengan koneksi intertet  dan kuota.

Sebagai media komunikasi, pengguna sosial media dapat menyampaikan pesan, informasi baik berupa tulisan, gambar maupun vidio melalui status yang diunggah.

Berbeda dengan media komunikasi yang lain, saat kita menulis pesan, menyampaikan informasi melalui sosial media maka pesan maupun informasi yang kita unggah bisa dibaca tidak hanya oleh orang yang kita tuju, tapi juga bisa dibaca dan mendapatkan umpan balik berupa komentar sebagai jawaban atas status yang kita unggah dari orang yang tidak kita kenal yang terhubung di sosial media, teman dari teman sosmed kita.

Lebih jauh lagi, pesan dan informasi yang kita unggah di sosmed bisa beredar  lebih luas karena dibagikan / share oleh orang lain. Sekalipun kita sudah menghapus apabila status yang berupa tulisan, gambar maupun vidio sudah di bagikan maupun di unduh oleh orang lain, maka kita tidak bisa mengendalikannya.

Lalu Lanjut Sebagai Media Mencurahkan Isi Hati

Tidak hanya sebagai media komunikasi, saat ini sebagian pengguna sosial media memamfaatkannya sebagai media untuk menuliskan dan mencurahkan isi hati layaknya sebuah buku harian.

Perasaan senang, gembira, sedih, susah, benci, rindu, cinta, marah kerap kita jumpai pada status sosmed seseorang. Seolah olah lupa, bahwa sosmed merupakan ruang komunikasi publik yang mudah dilihat dan dibaca oleh siapapun dibelahan dunia manapun bahkan oleh orang yang tidak kita kenal sekalipun. Sangat berbeda dengan buku harian yang bersifat privat dan tidak sembarang orang bisa membacanya.

Acapkali kita membaca status seseorang di sosmed seperti “sedih ditinggal sendirian dirumah”  atau status yang mempertontonkan kekayaan, mempertontonkan detil kondisi rumah, yang secara tidak sadar bisa memancing dan memberi peluang kepada orang yang mempunyai niat jahat.

Kerap pula kita jumpai status sosmed yang mencerminkan dan mengungkapkan rasa benci kepada seseorang maupun kelompok tertentu yang bisa memancing permusuhan.

Ajang Selfie di Sosmed

Kecenderungan lain yang banyak kita temui di soamed seiring semakin maraknya smartphone dengan kamera depan dan kamera belakang serta aplikasi untuk mengedit foto yaitu selfi atau swafoto. Selfie merupakan potret diri, memfoto diri sendiri baik menggunakan kamera digital maupun smartphone.

Foto selfie dengan aplikasi kadang kadang tidak menunjukkan kondisi sebenarnya.Tak jarang demi hasil foto dengan pemandangan yang diinginkan kita menjumpai foto selfie dengan posisi maupun lokasi yang membahayakan diri sendiri, seperti selfie dipinggir jurang, ditengah jalan raya, dipinggir rel kereta api dan dipinggir kawah.

Selfie harus tetap memperhatikan etika, sopan santun dan keselamatan diri jangan sampai berujung maut.

Jadikan Sosmed Sebagai Media Edukasi 

Banyak hal bisa kita pelajari melalui sosmed, kita bisa mencari informasi dan mempelajari tentang cara mengolah dan memanfaatkan barang bekas, mendekorasi dan mendisain rumah, aneka resep masakan, tips kesehatan, pembelajaran untuk anak usia dini.

Ada  pula pesan dan informasi yang bisa kita petik sebagai  motivasi  hidup.

Karena sifatnya sebagai media publik, kita juga harus belajar menghargai perasaan orang lain.  Pertimbangkan terlebih dahulu, status, tulisan, gambar, maupun vidio yang akan kita unggah.:

  • Apakah informasinya benar ?
  • Apabila informasinya sudah benar, pertimbangkan kembali apakah bila kita unggah ada manfaatnya untuk kita sendiri maupun untuk orang lain yang melihat dan membaca.
  • Apabila informasinya sudah benar dan bermanfaat, pertimbangkan kembali apakah ada pihak pihak yang tersakiti ataupun dirugikan.

unduh

Sosmed Sebagai Media Promosi 

Karena pengguna sosmed baik facebook, twiter maupun instagram begitu banyak maka melakukan promosi produk dan penjualan melalui sosmed menjadi sangat ampuh dan efektif. Tak jarang  pengusaha  sukses yang mengawali promosinya melalui sosmed. Sosmed juga merupakan media yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk maupun jasa secara gratis dengan jangkauan sangat luas

Foto produk yang menarik dan informasi mengenai produk yang ditawarkan, konten yang informatif dan bermanfaat serta kecepatan dalam menanggapi komentar akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Jangan Sampai Gara Gara Sosmed Masuk Bui 
Ada aturan hukum yang harus kita patuhi saat menulis Status di sosmed, yaitu UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Beberapa kasus yang bermula dari soamed juga pernah terjadi, terkait pencemaran nama baik, penipuan, prostitusi, PSK Online yang mengakibatkan pelakunya masuk bui.

Juga pernah terjadi kasus dibawa kabur teman facebook, dipecat dari pekerjaan.

Untuk itu, bijak dalam menulis status di sosmed,  :

  • Hindari status yang bermuatan kebencian,fitnah,
  • menyebarkan berita bohong
  • Saring, pertimbangan terlebih dahulu informasi yang kita peroleh, jangan asal sharing / membagikan
  • Jangan asal percaya dengan berita, gambar yang kita peroleh
  • Jangan mengumbar data, foto pribadi

Keberadaan sosial media sebagai salah satu media untuk memudahkan komunikasi bukan untuk menjadi masalah.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

7+ Manfaat Google Lens, Aplikasi Kamera Pintar dari Google

Google Lens adalah aplikasi pendeteksi gambar dari google yang dapat digunakan untuk menterjemahkan tulisan, scan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *