Home / Kaligondang / Tingkatkan Minat Baca Perpustakaan Cakra Kembang Selakambang Terima Fasilitas Pelatihan

Tingkatkan Minat Baca Perpustakaan Cakra Kembang Selakambang Terima Fasilitas Pelatihan

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik kunjungan  ke Perpustakaan / Taman Bacaan Masyarakat  Cakra Kembang, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga memberikan fasilitas pelatihan peningkatan kapasitas dan keterampilan bagi warga Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang Purbalingga.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di gedung Perpustakaan Cakra Kembang Desa Selakambang ini,  di laksanakan selama empat hari mulai hari Selasa  tanggal 18 hingga hari Jum’at tanggal 21 September 2018 dan diikuti oleh 125 peserta.

Keterangan foto : Suasana pelatihan pembuatan piring lidi di Perpustakaan Cakra Kembang Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang Purbalingga

Disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kaligondang Polres Purbalingga, Brigadir Ruhanto sebagai salah satu pengurus taman bacaan masyarakat Cakra Kembang Desa Selakambang, ada empat jenis kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh Dinarpus Purbalingga yaitu pelatihan membuat hantaran pengantin, pelatihan pembuatan piring lidi, pelatihan fotografi, dan pelatihan pembuatan sulam pita. Untuk masing-masing jenis pelatihan diikuti kurang lebih 30an peserta yang mayoritas adalah ibu-ibu rumah tangga.

Lebih lanjut Ruhanto mengatakan “Masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan yang merupakan program replikasi Perpuseru. Semoga dengan pelatihan ini bisa menjadi peluang berwirausaha dan menambah penghasilan khususnya bagi ibu-ibu di Desa Selakambang. Selain itu juga dengan pelatihan ini diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Desa Selakambang untuk berkunjung dan membaca koleksi buku yang dimiliki oleh Cakra Kembang.  Sehingga fungsi taman bacaan sebagai pusat belajar dan pusat berkegiatan bagi masyarakat dapat terwujud.”, kata Ruhanto.

Keterangan foto : Bhabinkamtibmas Polsek Kaligondang, Brigadir M. Ruhanto, berfoto bersama peserta pelatihan membuat hantaran pengantin

Sebelumnya pada bulan Mei, pengelola Taman Bacaan Masyarakat Cakra Kembang juga telah diberi fasilitas pelatihan administrasi pengelolaan perpustakaan dan pelatihan strategi pengembangan perpustakaan. (*)

 

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Meriahkan HUT RI ke 73 Pemdes Penolih Ikuti Karnaval Tingkat Kabupaten

Memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73, Pemerintah Desa Penolih Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.