Home / Produk Unggulan Desa / ​”Khozin” Guru Muda yang Merintis Usaha Kambing Perah.

​”Khozin” Guru Muda yang Merintis Usaha Kambing Perah.

Sosok guru muda yang satu ini berbeda dengan yang lain. Disamping profesinya sebagai seorang guru, sejak  2 Februari tahun 2015 “Khozin” yang mengajar di MIM Panican Kecamatan Kemangkon, juga tergabung dalam Kelompok Tani Ternak (KTT) Panca Taruna Desa Panican.

quickgrid_201734215020203.jpg

KTT Panca Taruna membudidayakan  kambing untuk penggemukan yang disiapkan guna melayani kebutuhan masyarakat akan hewan Qurban saat Idul Adha. Selain itu, saat ini juga tengah merintis dan mengembangkan kambing perah.

Sebagian dari kita lebih familiar dengan susu sapi sebagai pelengkap / penyempurna pola makan kita, sesuai program dari Pemerintah 4 sehat 5 sempurna.
4 Unsur sehat makanan terdiri dari nasi sebagai salah satu makanan Pokok, lauk pauk, sayuran, buah. Lalu disempurnakan dengan susu.

Disamping susu sapi ada susu kambing yang mengandung vitamin, mineral, enzim, protein, yang sangat berguna untuk tubuh kita.
Selain itu, Susu kambing dipercaya sebagian orang bisa menyembuhkan penyakit asma, tifus, dan penyakit lainnya.

Khozin menyampaikan “Dulu saya pernah memelihara domba jenis Marino dan ekor gemuk yang kita fokuskan pada saat Idul Adha, beli Setelah Idul Fitri kemudian kita jual saat menjelang Idul Adha.  Sekarang sedang memelihara kambing jenis Jawa Randu, Sanen dan PE, untuk pengembangan kambing perah”.
Bagi yang berminat mengkonsumsi atau membutuhkan  susu kambing bisa menghubungi No 0857 2633 4689 atau datang langsung ke Desa Panican Rt. 23 Rw. 08, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga. (*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Rengginang Rasa Terasi Desa Mergasana

Jika pada zaman dahulu rengginang atau ada yang menyebut ampyang, dibuat dari nasi sisa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *