Home / Catatan Perjalanan / Pemuda Desa Dagan Sukses Manfaatkan Halaman Rumah Jadi Kebun Anggur

Pemuda Desa Dagan Sukses Manfaatkan Halaman Rumah Jadi Kebun Anggur

Nama lengkapnya Binar Ivan Bimantara pemuda kelahiran tahun 1994 yang menikah dengan Rica Dwihana Yuliansari 2 tahun lalu ini mulai mencoba menanam bibit buah anggur sejak bulan April tahun ini jadi kurang lebih sudah 8 bulan.
Dengan memanfaatkan halaman rumah yang tidak terlalu luas serta atap rumah yang di dak, Ivan sukses membudidayakan buah anggur yang saat ini tengah berbuah lebat. Tanaman anggur yang ditanamnya terdiri dari berbagai jenis baik lokal maupun import. Bagi orang awam seperti saya taunya yang ditanam Ivan adalah anggur hijau dan anggur ungu yang terlihat dari buahnya yang tampak rimbun bergelantungan di halaman depan garasi rumah maupun di area atas rumah yang di dak. Namun dijelaskan oleh Ivan bahwa anggur yang ditanam dan dibudidayakan bibitnya terdiri dari bermacam-macam jenis diantaranya yaitu Baikonur Goz V, Akademik, Jubile, Carnival (CRV), Everest, Etalon, Trans, Angelica Banana Jupiter, Oscar, Cotton, Candy.
Meski tampak lebat buahnya namun untuk saat ini Ivan tidak menjual buah anggur yang dipanennya melainkan Ivan hanya menjual bibit tanaman buah anggur dengan harga bervariasi mulai dari 125ribu hingga 800ribu rupiah. Bagi yang berminat untuk mencoba menanam dan budi daya buah anggur bisa menghubungi nomor WA +62 812-1745-1077 , akun FB : Binar Ivan Bimantara  akun instagram binar_ivan atau datang langsung ke rumahnya yang beralamat di Desa Dagan Rt1 RW 7 Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, rumahnya di pinggir jalan desa jadi mudah ditemukan. (*bralink.id)
Keterangan : Binar Ivan Bimantara bersama istri & anaknya berfoto dibawaah pohon anggur di atap rumah yang di dak. (Foto koleksi pribadi Ivan)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Masak Semakin Mudah Dengan Aplikasi Beceran

Kabar baik untuk ibu-ibu yang setiap hari memasak untuk keluarga tercinta. Saat ini aktifitas memasak …

One comment

  1. Artikelnya sangat menginspirasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *