Home / Berita Purbalingga / 5000 Jajanan Pasar ‘Serbu’ Ludes Diborong Warga

5000 Jajanan Pasar ‘Serbu’ Ludes Diborong Warga

PURBALINGGA – Sebanyak 5000 jajanan pasar yang dijual dengan harga Rp 1000,- diborong warga di kompleks Taman Kota Usman Janatin. Jajanan pasar serba seribu (serbu) merupakan produk dari pelaku UMKM yang berada di wilayah Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengatakan dengan adanya bazar ‘Serbu’ diharapkan perekonomian bisa terus menggeliat. Selain itu, bisa membangkitkan semangat pegiat-pegiat UMKM.

“Setelah saya meninjau beberapa stand UMKM ‘Serbu’ hampir semuanya laris diborong oleh masyarakat,” kata Bupati Tiwi usai Meninjau Stand UMKM ‘Serbu’ di Kompleks Taman Kota Usman Janatin, Minggu (12/6/2022).

Tidak hanya Jajanan Pasar ‘Serbu’, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) juga mengajak siswa/siswi SMA/SMK di wilayah Purbalingga. Peserta SMK/SMK ini diberikan kesempatan untuk membuka stand UMKM.

“Jadi tidak hanya pelaku-pelaku UMKM saja tapi ada juga dari SMA/SMK yang berjualan, membuka kesempatan mereka untuk belajar berwirausaha,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tiwi juga membeli beberapa produk buatan siswa/siswi dari SMA N Padamara, SMK N Jawa Tengah dan beberapa SMA/SMK lainnya. Adapun beberapa UMKM yang diborong Bupati Tiwi diantaranya ada es teler, pisang coklat, dimsum, pastry dan lainnya.

“Ini luar biasa sekali, dengan seperti ini mengajarkan para siswa/siswi untuk memiliki jiwa entrepreneurship,” ungkap Bupati Tiwi.

Kepala Dinkop UKM, Bambang Triono mengatakan total ada 20 pelaku UMKM yang mengikuti bazar UMKM ‘Serbu’. Masing-masing menyiapkan 250 produk dengan harga Rp 1000,-

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM khususnya, agar nantinya UMKM ini bisa menggeliat. Dan tadi ada juga dari anak-anak muda SMA/SMK yang ikut tujuannya untuk melatih jiwa kewirausahaan,” kata Bambang.

Selain Bazar UMKM ‘Serbu’ juga dilaksanakan Senam Aerobik dan Lomba Tiktok Pancasila. Lomba Tiktok Pancasila diikuti oleh lima peserta masing-masing dari SMA/SMK yang ada di Kabupaten Purbalingga. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Purbalingga, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Ketua Dekranasda Kabupaten Purbalingga, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan Pimpinan OPD.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Peringati Hari Air Sedunia, Lintas Komunitas Purbalingga Aksi Bersih Sungai

Purbalingga – Dalam rangka memperingati World Water Day atau Hari Air Sedunia 2022, lintas komunitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.