Home / Pemerintahan / Cara Pengisian Aplikasi Evaluasi SPBE

Cara Pengisian Aplikasi Evaluasi SPBE

Website Aplikasi Evaluasi SPBE dapat diakses di halaman
https://monev.spbe.go.id/ Masukan Username dan Password yang diperoleh dari Tim Evaluasi SPBE Kementerian PANRB, disertai captcha kemudian klik Sign In.

Terdapat 2 Menu pada akun Operator, masing-masing :

  1. Dashboard, untuk melihat keseluruhan penilaian masing-masing Instansi Evaluasi SPBE.
  2. Tugas Penilaian Mandiri, menu tersebut yang akan digunakan oleh Operator untuk mengisi penilaian mandiri dan mengunggah semua dokumen bukti dukung hasil isian evaluasi mandiri pada masing-masing
    indikator.

Di halaman ini, Operator dapat melihat hasil penilaian mandiri dan hasil penilaian akhir masing-masing instansinya dengan memilih ID Form terlebih dahulu, biasanya ID Form menjelaskan tahun form
tersebut berlaku, kemudian memilih melihat Hasil Penilaian Mandiri atau Hasil Penilaian Akhir.

Hasil Evaluasi SPBE, untuk dapat melihat Nilai Indeks sementara bagi masing-masing instansi berdasarkan isian Penilaian Mandiri, hasil baru keluar setelah penilaian mandiri selesai dilaksanakan. Hasil Evaluasi SPBE berisikan informasi radar chart perbandingan isian evaluasi mandiri dengan target SPBE dengan predikat baik. Radar chart memperlihatkan
perbandingan pada setiap aspeknya.

Pada halaman Tugas Penilaian Mandiri terdapat tabel berisi form yang harus dikerjakan. Di tabel tersebut terdapat keterangan Tahun Form, Nama Form, Tahap Form, Batas Waktu, dan Kemajuan. Masingmasing kolom tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Tahun Form, adalah tahun form tersebut diperuntukkan. Misalnya, yang tertera adalah Tahun 2020, maka hal tersebut menjelaskan bahwa form tersebut diperuntukkan untuk Kegiatan evaluasi SPBE Tahun 2020.
  • Nama Form, adalah nama yang dibuat sebagai identitas form isian tingkat kematangan. Biasanya, akan dinamai sesuai dengan tahun berjalan.
  • Tahap Form, menjelaskan pada level apa form tersebut berada di seluruh rangkaian kegiatan Evaluasi SPBE.
  • Batas Waktu, menjelaskan tenggat waktu maksimal pengisian form tersebut.
  • Kemajuan, menjelaskan progres pengisian form tersebut oleh masingmasing instansi.
Terdapat dua pilihan pada kolom Aksi seperti yang terlihat pada gambar diatas, yakni Kerjakan dan Lihat. Menu Lihat hanya berfungsi bagi operator
untuk meninjau isian, sementara jika ingin memulai pengisian klik kerjakan. Setelah klik Kerjakan, user akan diarahkan ke halaman pengisian dengan daftar semua indikator yang harus diisi.

Tugas Penilaian Mandiri. Selain daftar seluruh Indikator, terdapat kolom untuk mengisi pertanyaan umum. Operator dapat mengklik tombol tersebut untuk dapat menjawab pertanyaan umum tersebut.
Pada halaman Tugas Penilaian Mandiri, Operator juga dapat melihat indeks isian sementara di menu Lihat Skor Indeks. Terdapat juga menu Ubah Tampilan, untuk merubah tampilan indikator dalam bentuk daftar menjadi grid. Operator dapat memulai mengisi penilaian dari indikator 1 sampai indikator 47 dengan cara meng-klik tombol indikator sesuai dengan indikator yang akan diisikan penilaian dan bukti dukungnya.

Setelah mengklik tombol Form Pengisian Pertanyaan Umum, maka aplikasi akan menampilkan daftar pertanyaan dan kolom untuk menjawab pertanyaan tersebut. Disebelah kolom pengisian, terdapat tombol untuk memilih dokumen pendukung yang dapat diunggah. Fitur tersebut dapat digunakan untuk mengunggah dokumen dalam bentuk PDF.

Pada halaman Pop-up, terdapat keterangan Domain, Aspek, Indikator, dan Pertanyaan Indikator. Dalam hal diperlukan penjelasan lebih lanjut, Operator dapat meng-klik button Penjelasan Indikator dibawah rincian penjelasan indikator. Kemudian terdapat tabel isian indikator. Dalam
tabel tersebut terdapat keterangan Tingkat, Kriteria, dan Capaian. Operator dapat mengisi penilaian masing-masing indikator dengan mengklik radio button ( ) pada kolom Capaian.
Pengisian disesuaikan dengan kriteria kondisi penerapan SPBE di masing-masing K/L/D. Operator diwajibkan untuk mengisi kolom Catatan sebagai penjelasan pilihan Capaian, Penjelasan diharapkan dapat dielaborasi secara komprehensif sehingga mampu menggambarkan penerapan SPBE
di setiap indikator. Operator juga perlu mengunggah bukti dukung dengan mengklik tombol File > (Pilih Dokumen). Bukti dukung dapat lebih dari satu.
Dalam hal penilaian telah selesai, tekan tombol Upload dan Simpan untuk menyimpan jawaban. Lakukan Langkah Ini Untuk Indikator 1 Sampai 47.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Ketentuan Tentang Logo Daerah

Logo Daerah merupakan salah satu Lambang Daerah. Sesuai ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *