Home / Kaligondang / Kapolsek Kaligondang Pimpin Pencanangan HKBN

Kapolsek Kaligondang Pimpin Pencanangan HKBN

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kaligondang, AKP Imam Hidayat, SH tepat pukul 10.00 Wib pagi tadi, Rabu 26 April 2017 pimpin  Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) dilingkungan kecamatan Kaligondang.

pencanangan-hkbn

Acara Pencanangan HKBN ditandai dengan membunyikan sirine dan lonceng di Polsek Kaligondang. Bersamaan dengan bunyi  sirene, AKP Imam Hidayat meminta seluruh Personil Polsek Kaligondang maupun warga masyarakat yang tengah berada didalam kantor Polsek Kaligondang untuk menghentikan aktivitas selama satu menit dan keluar dari gedung menuju ke halaman Pendopo Aboebakar Kecamatan Kaligondang.

Pada saat yang sama juga dilakukan pemukulan kethong oleh Juwono, salah satu ASN Kecamatan Kaligondang dan seketika ASN dan warga yang tengah melakukan pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Kaligondang berhamburan keluar Menuju halaman Pendopo Aboebakar.

Pemandangan yang tidak biasa ini dilakukan sebagi tanda Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional , yang dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga mendasari Surat Edaran Bupati Purbalingga Tanggal 17 April 2017 Nomor 060/003/036/2017 tentang Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

Kesiapsiagaan merupakan kegiatan yang terukur dalam memgurangi dampak dari bencana yang telah diperkirakan sebelumnya. Kesiapsiagaan juga harus berdasarkan pengetahuan yang benar terhadap ancaman, respon yang memadai dan penggunaan sumber daya yang tersedia.

Secara umum, kegiatan kesiapsiagaan meliputi penyampaian komunikasi peringatan kedaruratan, pelaksanaan proses evakuasi, kegiatan pelatihan dan simulasi, penyediaan peralatan serta respon terhadap emergensi.   (*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Perencanaan Desa Partisipatif: wujud Kedaulatan rakyat

SLINGA- suatu kebahagiaan tersendiri ketika bisa ikut hadir bersama warga desa yg terdiri dari berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.