Home / Pemerintahan Desa / Cara Impor Data Penerima Bantuan Pada SID

Cara Impor Data Penerima Bantuan Pada SID

Pada Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) terdapat fitur untuk pendataan peserta penemima Bantuan Sosial (Bansos) sesuai dengan kategori / program seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNTN), Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) baik dari Anggaran Pusat maupun Anggaran Daerah.

Untuk menambahkan data penerima bantuan bisa dilakukan dengan cara menambahkan / menginput satu persatu peserta dengan cara terlebih dahulu menentukan jenis bantuan, dengan cara :

  • klik pada jenis bantuan yang akan ditambah jumlah peserta penerima bantuan,
  • lalu klik “tambah peserta baru” lalu klik “Tambah satu peserta baru” atau “tambah beberapa peserta baru”, lalu cari nama atau identitas yang akan ditambahkan sebagai peserta penerima bantuan.

Selain itu, menambahkan data peserta bantuan juga dapat dilakukan dengan meng impor data yang sudah ada dengan terlebih dahulu menyamakan format data tabel. Berikut ini langkah-langkah untuk impor data bantuan :

  • Pada Dashboard admin klik “Bantuan”, Klik tombol “Impor”
  • lalu download “Contoh Format Impor Program Bantuan”
  • Samakan format data bantuan yang kita miliki dengan format tabel data yang sudah kita download. Untuk data peserta dengan kolom : Peserta, Nomor Peserta, NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Alamat. Untuk kolom peerta diisi berdasarkan sasaran : – penduduk = nik, – keluarga = no. kk, – rumah tangga = no. rtm, – kelompok = kode. Tulis identitas program sesuai sheet program yang terdiri dari ID Program, Nama Program, Sasaran Program, Keterangan, Asal Dana, Rentang Waktu (Awal) dan Rentang Waktu (Akhir) sebagaimana format berikut :

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Slamet Santoso menunjukan salah satu lukisan kartun karya siswa SMP

Belajar Ngartun Di Kampung Kartun Sidareja

KIe Art Cartoon School berhasil mengangkat nama dan mengenalkan sisi lain Desa Sidareja yang merupakkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *